Friday, December 29, 2017

Marco Asensio Willemsen

Sumber: cdn.shopify.com, 1.pictures.zimbio.com,
metrouk2.files.wordpress.com

Sebelumnya nama Marco Asensio tidak sepopuler Isco di La Liga (Liga Spanyol), tetapi kini kemampuan dan reputasinya mulai menyaingi sang senior. Baik di Real Madrid maupun di Tim Nasional Spanyol, Isco menjadi senior bagi Asensio. Sejak tahun 2016 lalu, Asensio menjadi buah bibir dalam persepakbolaan Spanyol berkat penampilannya yang mengesankan bersama Real Madrid.
Pemain yang memiliki nama lengkap Marco Asensio Willemsen ini lahir di Palma, Majorca, Kepulauan Balearic, pada tanggal 21 Januari 1996 (usia 21 tahun). Asensio adalah anak dari pasangan seorang ibu yang berasal dari Belanda dan ayah dari Spanyol (Basque). Asensio mengawali kariernya di Real Mallorca. Ia merupakan produk Akademi Real Mallorca.
Asensio sebenarnya merupakan penggemar Barcelona. Pada awal musim 2014/2015 Barcelona berusaha merekrut pemain berbakat ini. Namun, upaya Blaugrana untuk memilikinya dengan harga 1,5 juta euro (Rp21,97 miliar) ditolak oleh Mallorca.
Pada Desember 2014 Asensio akhirnya malah terdampar di klub rival abadi Barcelona, Real Madrid. Klub yang bermarkas di Santiago Barnabeau ini berhasil mendapatkan Asensio dengan harga 3,5 juta euro (Rp 51,27 miliar). Sebelum masuk ke tim inti Real Madrid, ia sempat dipinjamkan lebih dahulu ke Mallorca dan Espanyol. Penampilannya yang cukup gemilang selama masa peminjaman memikat pelatih El Real, Zinedine Zidane, untuk membawanya pulang dan memasukkannya ke tim inti Real Madrid sejak 2016.
Asensio kini menjadi salah satu pemain inti dan penting bagi Real Madrid. Dalam usia muda (21 tahun), ia tidak canggung bermain satu tim dengan bintang-bintang besar yang dimiliki El Real, seperti Ronaldo, Bale, Benzema, Toni Kroos, dan Marcelo. Dalam beberapa pertandingan La Liga, ia bahkan mampu tampil gemilang dan mencetak gol penentu kemenangan Madrid.
Asensio diperkirakan bakal menjadi bintang besar Madrid dan Spanyol pada beberapa tahun mendatang. Sosok yang biasa bermain untuk posisi midfielder (gelandang) dan penyerang sayap ini mendapat pujian tinggi dari dari berbagai kalangan. Saat Neymar hijrah ke Paris Saint-Germain pada awal Agustus 2017 lalu, Lionel Messi sempat meminta manajemen Bacelona untuk membeli Asensio guna menggantikan posisi bintang Brasil itu.
Dalam sebuah kesempatan, peraih penghargaan Ballon d'Or sebanyak lima kali, Cristiano Ronaldo, menyatakan bahwa Asensio memiliki potensi untuk meraih Ballon d'Or seperti dirinya. Mantan pelatih tim nasional Spanyol,  Vicente del Bosque, menilai Asensio sebagai pemain yang memiliki talenta (bakat) terbaik di Spanyol saat ini. David Villa, mantan penyerang Barcelona dan tim nasional Spanyol pun menyatakan, Asensio merupakan pemain muda sangat berbakat yang akan kembali membawa Spanyol menuju kejayaan seperti masa-masa ketika dirinya masih aktif di Tim Matador.
Adapun Zidane menyatakan, Asensio adalah pemain yang komplet dan akan memberikan kontribusi yang besar untuk Real Madrid. Berkali-kali Zidane memuji anak asuhnya itu. “Asensio memberikan kontribusi yang cukup lengkap, tidak hanya lewat golnya. Asensio akan tinggal bersama kami. Itu rencana saya," kata Zidane seperti dilansir Football Espana. Menurut Zidane, Asensio memiliki kualitas dan bakat yang bagus. Zidane sejauh ini merasa cukup senang dengan apa yang sudah dilakukan Asensio untuk Real Madrid.
Banyak penggemar dan pendukung tim nasional Belanda menginginkan Asensio bermain untuk Belanda karena ia memiliki darah Belanda. Namun, Asensio sudah berketetapan memilih Spanyol. Asensio bermain untuk tim nasional Spanyol U-19 dan U-21. Bersama timnas Spanyol U-19, ia sukses mengantarkan Tim Matador menjuarai Piala Eropa 2015. Berkat kecemerlangannya, ia juga masuk tim nasional senior Spanyol untuk kualifikasi Piala Dunia 2018.

No comments:

Post a Comment