Saturday, December 9, 2017

Makna Patriotisme

Sumber: http www.lampost.co

Ibarat makhluk hidup, patriotisme dapat dikatakan saudara kandung dari nasionalisme. Keduanya lahir dari rahim yang sama, yakni kesadaran akan pentingnya pembelaan kepada bangsa dan negara. Dalam konteks kesadaran berbangsa dan bernegara, patriotisme dan nasionalisme tak dapat atau sangat sulit dipisahkan karena keduanya bersifat komplementer (saling mengisi; saling melengkapi).
Kedekatan antara nasionalisme dan patriotisme lebih jelas dapat dilihat dari makna yang dikandung oleh keduanya. Jika nasionalisme secara singkat diartikan sebagai ‘semangat kebangsaan’, patriotisme memiliki arti ‘kecintaan kepada tanah air’. Perihal pengertian lebih spesifik tentang patriotisme, berikut ini akan dipaparkan lebih terperinci.
Patriotisme berasal dari kata patria atau patris, yang berarti ‘tanah air’. Patria atau patris kemudian mengalami adaptasi menjadi patriot, yang artinya ‘pencinta (pembela) tanah air’. Dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan, kata patriot mengalami penajaman sehingga menjadi patriotisme.
Patriotisme mencuatkan adanya sikap mental yang kuat dalam memandang bangsa dan tanah air. Patriotisme kemudian memiliki pengertian atau penjabaran kalimat yang bermacam-macam (oleh para ahli dan sumber referensi), tetapi muaranya tetap satu, yakni kecintaan dan kerelaan berkorban pada tanah air. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002), patriotisme adalah sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya. Dalam pada itu, beberapa sumber lain mengartikan patriotisme sebagai paham/ajaran kecintaan pada tanah air atau semangat cinta tanah air.
Dalam berbagai kesempatan, patriotisme sering disamakan dengan nasionalisme. Antara keduanya hakikatnya berbeda, tetapi, seperti telah disinggung di depan, keduanya memang sangat mirip dan sangat dekat. Nasionalisme muncul dari kesadaran untuk berbangsa serta membentuk negara, sedang patriotisme muncul dari kesadaran untuk membela dan mempertahankan bangsa dan negara yang sudah terbentuk. Kelahiran patriotisme dilandasi oleh nasionalisme.

No comments:

Post a Comment