Sunday, September 30, 2018

Meraih Prestasi melalui Hobi


Sumber: adriarani.blogspot.com
Semua orang mempunyai hobi atau kegemaran. Tentunya Anda juga mempunyai hobi, bukan? Apa hobi Anda? Bagaimana cara Anda menekuni hobi selama ini? Apakah Anda pernah meraih prestasi tertentu dari kegiatan menekuni hobi tersebut?
Hobi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Sebagai aktivitas, hobi merupakan bentuk penyaluran hasrat atau keinginan yang menyehatkan bagi manusia. Hobi dilakukan untuk berbagai maksud, tujuan, atau keperluan.  Ada hobi yang dilakukan untuk menyalurkan bakat, ada yang dilakukan untuk mengisi waktu luang, ada yang dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh (menjaga kesehatan), ada yang dikerjakan sekaligus sebagai mata pencaharian, dan sebagainya.
Ada banyak sekali hobi yang dapat kita tekuni. Misalnya saja, membaca, menulis, fotografi, bermain musik, mancing, beburu, berselancar, hiking, camping, mendaki gunung, koleksi prangko (filateli), berkebun, bertaman, traveling, dan memelihara hewan. Hobi-hobi ini dapat dilakukan dengan berbagai pola dan variasi.
Perlu kita ketahui bahwa menekuni hobi dapat menjadi langkah permulaan dalam menggapai prestasi. Tak sedikit orang meraih prestasi tinggi di tingkat nasional dan internasional berawal dari menekuni hobi. Pada awalnya hobi dilakukan sekadar untuk mengisi waktu luang atau menjaga kesehatan tubuh. Namun, lama-kelamaan, kegiatan itu menjadi aktivitas yang ajek, terpola, dan terprogram dengan baik. Oleh karena terpola dan terprogram, hobi bisa terbentuk menjadi kecakapan (skill) yang mantap dan kompetitif (siap dilombakan/dipertandingkan).
Dari sekadar kegiatan mengisi waktu luang atau menjaga kondisi tubuh, hobi pun kemudian dapat menjelma menjadi profesi atau pekerjaan utama. Orang yang menekuni kegiatan tertentu sebagai hobi atau sampingan biasanya disebut sebagai (seorang) amatir. Adapun sebutan profesional lazim diberikan kepada orang yang menekuni kegiatan tertentu sebagai kegiatan pokok/utama untuk mata pencaharian dalam mempertahankan hidup. Nah, melalui kegiatan menekuni hobi, seorang yang semula amatir dapat berubah menjadi profesional yang berkemampuan tinggi jika hobi itu ditekuni secara terus-menerus dan sistematis.
Hobi cocok sekali ditekuni oleh pelajar atau remaja. Remaja berusia belasan tahun masih memiliki kesempatan dan masa depan yang panjang sehingga mempunyai banyak waktu untuk mengembangkan hobi menjadi prestasi. Anda tidak perlu terburu-buru untuk menjadkan hobi sebagai wahana untuk meraih prestasi. Yang penting, Anda perlu melakukan hobi Anda dengan serius, tekun, teratur, ajek, dan berkesinambungan agar hobi itu lambat laun dapat berkembang menjadi kecakapan/keterampilan.

No comments:

Post a Comment