Monday, September 17, 2018

Meraih Prestasi sesuai dengan Potensi Diri

Sumber: de.123rf.com

Diketahuinya potensi diri menjadi kunci pembuka dimulainya upaya meraih prestasi. Kita   dapat segera memulai usaha meraih prestasi begitu kita sudah mengetahui potensi diri. Dengan mengetahui potensi diri, kita dapat membuat perencanaan dan menentukan langkah-langkah yang lebih tepat dalam mengembangkan potensi untuk meraih prestasi.
Dalam memulai usaha mengembangkan potensi untuk meraih prestasi, satu hal harus benar-benar dicamkan bahwa prestasi yang hendak dicapai sesuai dengan potensi atau kemampuan yang dimiliki. Harus dihindari upaya mencapai prestasi di luar bidang potensi atau kemampuan yang dimiliki. Jadi, jika kita tahu bahwa potensi, kemampuan, atau bakat kita ada dalam bidang seni, prestasi yang akan kita raih haruslah dalam bidang seni, jangan dalam bidang lain, seperti olahraga atau teknologi.
Langkah coba-coba untuk berprestasi di luar bidang potensi atau kemampuan merupakan tindakan yang keliru dan sia-sia. Selain merupakan pemborosan waktu, tenaga, dan biaya, langkah seperti itu akan membawa kita pada kegagalan dan keterpurukan. Kita hampir pasti tidak akan mampu bersaing karena kita tidak memiliki modal (potensi) yang cukup, sementara di sisi lain sangat mungkin para pesaing kita terdiri atas orang-orang yang berpotensi karena pada zaman yang kian spesialistis sekarang ini orang cenderung makin menggeluti bidang kemampuannya masing-masing.
Tidak ada manusia superior  yang mampu berprestasi dalam semua bidang. Setiap manusia dibekali potensi spesifik tersendiri sehingga usaha untuk meraih prestasi harus disesuaikan dengan potensi yang dimiliki. Berlagak superior  dengan mencoba berprestasi dalam semua atau sebagian besar bidang kehidupan merupakan perbuatan mubazir karena tidak akan pernah mampu dilakukan oleh manusia yang wajar dan normal.

No comments:

Post a Comment