Thursday, September 13, 2018

Mengenal Potensi Diri

Sumber: es.123rf.com


Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia yang sempurna, tetapi tidak ada pula manusia yang sama sekali tidak memiliki kelebihan. Artinya, di antara ketidaksempurnaan yang disandangnya, manusia tetap memiliki kelebihan. Sekecil apa pun, kelebihan dianugerahkan Tuhan kepada manusia.
 Kelebihan itulah yang disebut potensi. Jika setiap manusia memiliki kelebihan, berarti setiap manusia memiliki potensi. Oleh karena memiliki potensi, berarti pula setiap manusia memiliki kesempatan, peluang, dan kemungkinan untuk meraih prestasi. Mengapa begitu? Hal itu tidak lain karena potensi adalah modal yang berharga dan penting bagi manusia untuk menggapai prestasi.
Dengan demikian, setiap orang berhak, boleh, layak, atau perlu berusaha meraih prestasi. Para remaja dan pelajar bahkan dapat dikatakan harus berlomba-lomba meraih prestasi setinggi-tingginya. Para remaja dan pelajar saat ini memiliki tanggung jawab untuk meraih prestasi dalam usaha mempersiapkan diri menjadi calon-calon pemimpin masyarakat, bangsa, dan negara pada masa depan.
 Dengan modal potensi yang dimiliki, setiap remaja dan pelajar berpeluang meraih prestasi. Akan tetapi, untuk mewujudkan prestasi, potensi harus  dikembangkan. Upaya pengembangan potensi dilakukan dengan belajar dan berlatih secara rajin, tekun, teratur, ulet, disiplin, berkesinambungan, dan sebagainya. Adapun sebelum dikembangkan, potensi itu sendiri harus lebih dahulu dikenali dan diketahui jenisnya. Ada bermacam-macam jenis potensi yang dimiliki manusia. Jenis dan besar kecilnya potensi yang ada pada setiap pribadi berbeda-beda. Dengan mengetahui secara tepat jenis potensi yang dimiliki, kemudian mengembangkannya secara tepat pula, seorang pribadi mempunyai peluang besar untuk meraih prestasi tinggi.
Dengan begitu, penting untuk diperhatikan, sebelum melakukan upaya p-ngembangan diri, kita harus terlebih dahulu mengenal dan mengetahui potensi yang kita miliki. Kita harus memastikan secara tepat potensi kita; baru setelah itu memulai usaha pengembangan diri. Dengan cara begitu, potensi yang kita miliki akan berkembang secara optimal serta akhirnya kita dapat berharap dan optimis bahwa kita akan mampu meraih prestasi.

No comments:

Post a Comment