Tuesday, January 29, 2019

Faktor Pendukung Demokrasi

Infrastruktur demokrasi (Sumber: http feriska11.blogspot.co.id)


    Apakah dengan ciri-ciri demokrasi yang dimilikinya suatu negara atau masyarakat dapat hidup dalam suasana demokrasi (demokratis)? Dengan perkataan lain, apakah semua prinsip, nilai, dan lembaga demokrasi menjadi penentu terciptanya kehidupan demokrasi? Jawabnya adalah prinsip, nilai, dan lembaga demokrasi sangat mempengaruhi terwujud dan tidaknya kehidupan demokrasi, tetapi tidak menjadi penentu yang mutlak.
    Berdasarkan kasus yang terjadi di berbagai belahan dunia, suatu negara atau masyarakat dapat hidup dalam suasana demokrasi berkat memiliki prinsip, nilai, dan lembaga demokrasi. Namun, kehidupan demokrasi yang terwujud masih sering diwarnai kekacauan akibat beberapa syarat lain yang ikut mempengaruhi ternyata belum dipenuhi. Terkait dengan hal itu, masih diperlukan lagi beberapa faktor pendukung bagi terwujudnya demokrasi yang mantap dan damai. Faktor pendukung tegaknya demokrasi secara mantap dan damai tersebut, antara lain, sebagai berikut.
·          Rakyat atau orang banyak dalam negara atau masyarakat yang hendak mengusahakan demokrasi telah memiliki ketercukupan kebutuhan pokok atau kebutuhan dasar, yang meliputi kebutuhan pangan, sandang, dan papan (tempat tinggal). Dengan tercukupinya kebutuhan pokok, rakyat atau orang banyak akan terbebas dari masalah paling mendasar dalam hidup sehingga relatif akan lebih terhindar dari gejolak.
·          Rakyat atau orang banyak dalam negara atau masyarakat yang hendak mengusahakan demokrasi memiliki tingkat pendidikan yang memadai. Dengan tingkat pendidikan rata-rata yang memadai, rakyat atau orang banyak akan memiliki wawasan luas serta mampu berpikir dan bersikap lebih rasional sehingga perilakunya lebih beradab dan bermartabat.
·          Rakyat atau orang banyak dalam negara atau masyarakat yang hendak mengusahakan demokrasi memiliki kemampuan berpikir dan bertindak yang dewasa. Dengan kemampuan berpikir dan bertindak yang dewasa, rakyat atau orang banyak akan memiliki tingkat emosional yang matang dan mantap sehingga lebih mampu bertindak secara terkendali dan penuh perhitungan.

No comments:

Post a Comment