Thursday, September 13, 2018

Kaitan Prestasi Seseorang dan Keunggulan Bangsa

Sumber: smpn2garut.sch.id

Apakah prestasi seseorang memiliki kaitan dengan nama atau reputasi suatu bangsa? Apakah prestasi seseorang juga berhubungan dengan keunggulan suatu bangsa? Mungkinkah prestasi warga negara mampu mengangkat derajat bangsa sekaligus membawa keunggulan bangsa di kancah internasional?
Prestasi seseorang jelas berhubungan dengan derajat dan keunggulan suatu bangsa. Prestasi internasional yang dicapai seorang warga negara akan mendorong terangkatnya derajat dan keunggulan bangsa. Melalui media massa kita tahu nama-nama orang berprestasi di tingkat dunia. Nama mereka mencuat bersama nama bangsanya masing-masing karena mereka memang tidak dapat dilepaskan dengan kebangsaannya. Kehebatan prestasi mereka juga menunjukkan bahwa bangsa mereka memiliki keunggulan.
Kita tentu mengenal nama-nama yang sudah melegenda, seperti Ronaldo da Lima, Zinedine Zidane, Ronaldinho, Lionel Messi, Xavi Hernandez, Steve Jobs, Bill Gates, James Watt, Alfred Nobel, Thomas Alva Edison, Albert Einstein, Rafael Nadal, Justine Henin, Valentino Rossi, Wolfgang Amadeus Mozart, Beethoven, Michael Jordan, Magic Johnson, Tiger Wood, Muhammad Ali, atau Chris John. Mereka adalah para pemilik prestasi dunia yang selalu identik dengan nama dan citra bangsanya. Setiap melihat  sosok mereka di televisi atau majalah, ingatan kita dengan otomatis akan tertuju pada kebangsaan mereka masing-masing. Setiap ingat akan kebangsaan mereka, kita jadi paham pula akan keunggulan bangsa mereka, setidaknya keunggulan itu ada pada bidang yang masing-masing mereka tekuni.
1.  Prestasi Individu Menentukan Keunggulan Bangsa
Secara umum, prestasi individu menentukan keunggulan bangsa dari individu yang bersangkutan. Kita dapat memperhatikan contoh ini: jika suatu sekolah memiliki banyak siswa yang berprestasi, dengan sendirinya sekolah memiliki keunggulan di antara sekolah-sekolah yang lain. Hal ini karena gabungan prestasi dari para siswa itu akan membentuk kesatuan prestasi yang mewakili prestasi sekolah. Demikian pula dengan bangsa; jika suatu bangsa memiliki banyak warga negara yang berprestasi, bangsa yang bersangkutan akan memiliki keunggulan karena gabungan prestasi dari para warga negara akhirnya akan menyatu membentuk dan mewakili prestasi bangsa.
Prestasi warga negara menunjukkan gambaran tentang kemampuan bangsa. Satu warga negara berprestasi belum menggambarkan kemampuan unggul suatu bangsa, tetapi jika prestasi itu dicapai oleh banyak warga negaranya, itu sudah jelas menunjukkan kemampuan bangsa yang dimaksud. Banyaknya warga negara yang berprestasi menunjukkan bahwa bangsa dari para warga negara itu memiliki kemampuan yang tidak rendah. Dengan kata lain, bangsa yang memiliki banyak warga negara berprestasi akan mempunyai kemampuan yang tinggi. Adapun kemampuan yang tinggi akan mempengaruhi tingkat keunggulan suatu bangsa dalam persaingannya dengan bangsa-bangsa lain.
Oleh sebab itu, prestasi para warga negara bermakna penting bagi suatu bangsa dalam meraih kemampuan dan keunggulan. Prestasi para warga negara amat dibutuhkan untuk meraih kemampuan dan keunggulan bangsa secara keseluruhan. Suatu bangsa perlu memiliki sebanyak mungkin warga negara berprestasi agar bangsa itu memiliki kemampuan dan keunggulan. Begitu pula bangsa kita, amat membutuhkan kehadiran sebanyak mungkin warga negara yang berprestasi agar bangsa kita memiliki keunggulan di hadapan bangsa-bangsa lain di dunia.
2.  Meraih Prestasi untuk Keunggulan Bangsa
Nah, upaya untuk mewujudkan keunggulan bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab semua warga negara bangsa kita. Lebih khusus, tanggung jawab untuk meraih keunggulan bangsa kita pada masa depan berada di pundak para generasi muda. Pada masa depan, saat persaingan antarbangsa akan berlangsung sangat ketat dan keras akibat globalisasi yang kian deras, bangsa kita membu-tuhkan keunggulan. Keunggulan tersebut akan dapat diwujudkan jika sejak saat ini generasi muda mulai merintis upaya untuk meraih prestasi setinggi-tingginya.
Jika kelak setelah dewasa para remaja banyak yang meraih prestasi tinggi, bangsa kita akan banyak meraih kemajuan sehingga akan pula memiliki keunggulan. Prestasi dapat diraih dalam bidang apa saja. Akan tetapi, satu hal telah jelas, prestasi tak mungkin diraih dengan usaha yang setengah-setengah. Pada dasarnya, semua orang mempunyai potensi. Dan potensi yang kita miliki akan membuahkan prestasi tinggi jika kita mengembangkannya dengan usaha dan kerja keras yang penuh totalitas.
(Sumber: Sadah Siti, http://caraelok.blogspot.com/search/label/Pengembangan%20Potensi)

No comments:

Post a Comment