Sunday, September 30, 2018

Meraih Prestasi dalam Pelajaran Sekolah

Sumber: smk1sukoharjo.ppl.fkip.uns.ac.id

Sebagai pelajar, kegiatan utamamu sehari-hari adalah mengikuti pendidikan di bangku sekolah. Di sekolah kamu mempelajari bermacam-macam mata pelajaran. Tujuan utama belajar di sekolah tidak lain adalah mendapatkan ilmu pengetahuan sebagai bekal penting untuk menghadapi kehidupan pada masa depan.
Namun, kegiatan mempelajari berbagai macam bidang studi di sekolah juga dapat menjadi arena untuk meraih prestasi. Prestasi yang dapat diraih biasanya adalah mendapatkan nilai tertinggi di kelas dan sekolah serta antarsekolah di wilayah tertentu. Berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai tinggi atau tertinggi dalam mata pelajaran sekolah adalah hal yang sangat baik bagi pelajar karena akan menanamkan kebiasaan bersaing secara sehat serta memacu kemauan dan semangat belajar.
Hal terpenting dari persaingan untuk mendapatkan nilai tinggi atau tertinggi dalam pelajaran sekolah bukan diraihnya predikat juara. Menjadi juara memang penting, tetapi bukan yang terpenting. Yang terpenting dari semua itu ialah dengan bersaing dan berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai tinggi atau tertinggi, kita akan termotivasi untuk menekuni pelajaran sekolah dengan rajin, ulet, dan teratur sehingga jika tidak menjadi juara kelas atau juara sekolah pun kita tetap dapat menjadi pribadi yang pandai.
Kepandaian itulah yang kelak akan memberikan banyak sekali manfaat. Dengan pandai, kita menguasai banyak ilmu. Ilmu akan menjadi bekal yang sangat menentukan dalam mengarungi kehidupan masa mendatang. Dengan menguasai ilmu, selain lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan mata pencaharian, kita juga akan menjadi orang yang bijaksana dan cerdik dalam mengatasi berbagai hambatan dan tantangan hidup.
Dengan berilmu, kita juga akan relatif lebih mudah dalam meraih prestasi dalam berbagai bidang kehidupan. Prestasi dalam bidang-bidang penting yang menentukan nasib kehidupan fisik orang banyak, seperti teknologi, ekonomi, dan pertanian, tidak mungkin diraih jika kita tidak berilmu. Prestasi dalam bidang lain yang turut menentukan nasib kehidupan spiritual masyarakat, seperti seni dan sastra, juga sulit diraih jika kita tidak berilmu sebab seni dan sastra pun sangat memerlukan dukungan ilmu.
Ilmu yang kita miliki akan turut menentukan kehidupan masyarakat dan bangsa. Jika sebagian besar dari kita merupakan orang-orang yang berilmu, kita akan menjadi masyarakat dan bangsa yang berilmu. Jika masyarakat dan bangsa kita berilmu, maka masyarakat dan bangsa kita akan memiliki keunggulan di hadapan bangsa-bangsa lain.

No comments:

Post a Comment