Sunday, September 30, 2018

Meraih Prestasi melalui Kegiatan Kesenian

Sumber: kutalabon.blogspot.com

Agak berbeda dengan olahraga yang ditekuni banyak orang untuk tujuan prestasi, kesenian umumnya ditekuni masyarakat bukan dengan tujuan utama meraih prestasi dalam arti mendapatkan juara melalui pertandingan atau perlombaan. Masyarakat umumnya menekuni kesenian sebagai hobi, penyaluran potensi, ekspresi diri, dan lahan mencari rezeki (mata pencaharian). Lomba atau festival kesenian jauh lebih jarang diadakan –– terutama di tingkat nasional dan internasional –– dibandingkan dengan lomba dan pertandingan olahraga.
Akan tetapi, kesenian tetap dapat menjadi ajang untuk mengukir prestasi. Lewat lomba dan festival, biarpun agak jarang dilakukan, kita dapat mencoba mengejar prestasi. Melalui pengabdian dalam kesenian yang serius dan konsisten, kita juga dapat memperoleh pengakuan dan apresiasi (penghargaan).
Para seniman yang karyanya dinilai unggul dan berguna bagi masyarakat seringkali mendapat penghargaan dalam berbagai bentuk dari masyarakat dan negara. Penghargaan biasanya diberikan bukan lewat ajang lomba atau festival, melainkan diberikan secara sukarela sebagai bentuk pengakuan dan tanda terima kasih. Lewat karya-karya yang bermutu tinggi, banyak juga seniman yang namanya menjadi termasyhur dan abadi –– di kancah nasional maupun internasional.
Kesenian umumnya lebih membutuhkan kepekaan perasaan dan keindahan. Mereka yang menekuni kesenian dituntut untuk memiliki kepekaan perasaan dan keindahan. Akan tetapi, jenis kesenian tertentu, seperti tari, teater, dan film, juga membutuhkan kesiapan dan kegesitan tubuh.
Ada banyak jenis kesenian yang dapat ditekuni oleh para remaja. Para remaja yang memiliki potensi seni dapat menjadikan salah satu atau beberapa jenis seni yang sesuai potensinya masing-masing sebagai ajang untuk mengukir prestasi. Untuk mencapai kecakapan yang tinggi dalam seni, dibutuhkan kerja keras dalam bentuk latihan yang rajin, tekun, disiplin, teratur, dan berkesinambungan.
Cabang-cabang kesenian yang dapat Anda tekuni, antara lain, seni musik, tari, teater (drama), lukis, patung, film, grafis, dan instalasi. Melalui cabang-cabang seni ini, Anda dapat mengekspresikan diri serta menghasilkan karya-karya yang berguna bagi masyarakat. Karya seni merupakan media atau alat untuk menyampaikan pikiran dan perasaan sekaligus juga koreksi dan kritik.
Dengan berkarya seni, Anda dapat mengharumkan nama bangsa dan negara serta  dapat  menghibur dan memberi pencerahan kepada masyarakat. Para seniman terkenal di dunia telah mengangkat reputasi negara dan bangsa asalnya serta berjasa memberikan hiburan dan nilai-nilai estetika (keindahan). Beberapa seniman Indonesia yang cukup terkenal di dunia internasional, antara lain, Raden Saleh, Affandi, dan Hendra Gunawan (seni rupa); Rendra, Putu Wijaya, Teguh Karya, Garin Nugroho, dan Christine Hakim (teater dan film); Pramudya Ananta Toer, Rendra, Goenawan Mohamad, dan Budi Darma (sastra); Gesang, Jack Lesmana, Tri Utami, dan Waljinah (musik); serta Sardono W. Kusumo, Retno Maruti, dan Boy G. Sakti (tari).

No comments:

Post a Comment