Saturday, March 3, 2018

Isaac Newton (1643—1727)

Sumber: fthmb.tqn.com

Isaac Newton lahir di Lincolnshire, 4 Januari 1643 dan meninggal 31 Maret 1727. Isaac Newton adalah seorang ahli fisika, matematika, astronomi, dan teolog. Ia merupakan fisikawan paling berpengaruh dalam sejarah ilmu pengetahuan hingga saat ini. Ia dikenal sebagai Bapak Fisika dunia.
 Newton telah melahirkan banyak karya sains penting bagi dunia ilmu pengetahuan. Salah satu bukunya, Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica (terbit tahun 1687) dinilai sebagai buku yang paling berpengaruh dalam sejarah sains dunia. Dalam buku ini Newton menguraikan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains tentang jagat raya. 
Melalui Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica, Newton berhasil menghapus keraguan para saintis perihal heliosentrisme. Newton sukses menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lain diatur oleh himpunan hukum alam yang sama. Ia membuktikannya dengan menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dan teori gravitasinya. 
Masih dalam bidang matematika, Newton mengembangkan kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Ia menguraikan teori binomial dan mengembangkan "Metode Newton". Dalam mekanika, ia mencetuskan prinsip kekekalan momentum dan momentum sudut. Adapun dalam bidang optika, ia berhasil membangun teleskop refleksi yang pertama dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi warna-warna lain. Ia juga merumuskan hukum pendinginan dan mempelajari kecepatan suara.
Pada era modern saai ini, Newton masih dianggap dan dirasakan sebagai tokoh yang sangat berpengaruh. Sejarawan dan astrofisikawan, Michael H. Hart, dalam bukunya yang terkenal, Seratus Tokoh Paling Berpengaruh, menempatkan Isaac Newton pada urutan kedua setelah Nabi Muhammad sebagai menusia paling berpengaruh dalam sejarah kehidupan manusia. Sementara itu, survei tahun 2005 yang menanyai para ilmuwan dan masyarakat umum di Royal Society perihal siapa tokoh sains yang memberikan sumbangan lebih besar dalam sains (apakah Newton atau Einstein), menunjukkan bahwa Newton dianggap memberikan sumbangan yang lebih besar daripada Einstein.


Berikut ini kata-kata motivasi dari Isaac Newton.
·         Kebijaksanaan adalah seni membuat titik tanpa membuat musuh.
·         Aku tak punya kearifan khusus, hanya kekuatan pikiran  yang sabar.
·         Pengalaman yang sama dapat menimpa siapa pun, tetapi sejauh mana dan secepat apa pengalaman yang sama itu memberi pelajaran pada seseorang, hasilnya akan berbeda atau relatif satu sama lain.
·         Plato adalah teman saya, Aristoteles adalah teman saya, tetapi teman saya yang terbesar adalah kebenaran.
·         Tak ada penemuan hebat yang pernah dibuat tanpa tebakan yang kuat.
·         Saya dapat menghitung pergerakan bintang-bintang di langit, tetapi saya tidak dapat menghitung kebodohan manusia.
·         Jika saya menunggu orang lain untuk membuat alat-alat yang saya butuhkan, saya tidak akan pernah membuat apa pun.
·         Taktik adalah seni menambah poin tanpa menambah musuh.
·         Saya bisa menghitung gerakan benda-benda langit, tetapi tidak (bisa menghitung) kegilaan orang.
(Sumber: Maestronesia, Akhmad Zamroni, http://belajarpadamaestro.blogspot.co.id/, 2 April 2017)

No comments:

Post a Comment