Sunday, September 13, 2020

Tiga-Empat Tahun Lagi Dunia Sepak Bola Akan Kehilangan Messi dan Ronaldo

 Oleh Akhmad Zamroni

Messi dan Ronaldo (Sumber: s3fs-public)


Linonel Messi (Argentina) dan Cristiano Ronaldo (Portugal) adalah dua pemain sepak bola terbaik di dunia selama kurang lebih 13 tahun terakhir (2008—2017).  Sejak tahun 2008 hingga 2020, mereka secara bergantian terpilih menjadi best player (pemain terbaik dunia) dengan meraih penghargaan Ballon d'Or dari FIFA-France Football.  Messi memenangkan Ballon d'Or sebanyak enam kali, yakni pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019, sedangkan Ronaldo memenangkannya lima kali, yakni untuk tahun 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Praktis selama 13 tahun itu, mereka berdua merajai sepak bola dunia. Hingga sejauh ini mereka memang belum mampu membawa tim nasional negaranya masing-masing, Argentina dan Portugal, menjadi juara dunia (World Cup). Namun, permainan mereka di lapangan hijau jelas sekali tidak bisa disaingi oleh pemain lain mana pun. Baik dalam keterampilan bermain (skill) maupun mencetak gol dan mengantarkan klubnya menjadi juara (liga domestik dan Liga Champion), Messi dan Ronaldo jauh meninggalkan pemain-pemain lain.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, mereka suatu saat tentu akan tersusul, tersaingi, dan tergantikan oleh bintang-bintang muda yang muncul kemudian. Usia akan menjadi kendala keduanya untuk mempertahankan performa di atas lapangan. Usia menua yang menyebabkan menurunnya kecepatan, stamina, power, kegesitan, dan skill, tidak bisa mereka lawan. Bagaimanapun juga, pada usia 30-an tahun mereka mulai akan menunjukkan penurunan.

Mereka berdua kini memang sudah memasuki usia itu. Messi kini berusia 33 tahun, adapun Ronaldo bahkan sudah 35 tahun. Hingga sejauh ini, Messi yang lebih muda dua tahun masih memperlihatkan performa cukup baik: ia masih gesit, tajam, mampu membawa Barcelona ke peringkat dua (runner up) Liga Spanyol 2019-2020, dan menjadi top skor La Liga (25 gol). Namun, apakah dalam tiga-empat tahun mendatang ia masih masih mampu mempertahankan keadaan ini atau tidak, menjadi pertanyaan yang jawabannya, kemungkinan besar, “tidak bisa”. Kecuali terjadi hal-hal yang luar biasa, dalam tiga-empat tahun lagi Messi akan memasuki masa-masa sulit karena performanya akan merosot.

Pada musim kompetisi 2019-2020, catatan prestasi Messi terlihat mulai menurun. Meski tetap menjadi top skor La Liga, ia gagal total membawa Barcelona merebut gelar juara di semua ajang (Copa del Rey, La Liga, dan Liga Champion).  Adapun Ronaldo, dalam usianya yang sekarang, masih cukup bagus dan tajam di level liga domestik (Seri A Italia), tetapi untuk level Eropa ia terlihat sudah jauh menurun.

Betapapun Messi dan Ronaldo mulai memasuki masa-masa penurunan sebagai pemain sepak bola, kita masih berharap bahwa mereka masih mampu mempertahankan performanya dalam beberapa tahun lagi. Tanpa mereka berdua, sepak bola dunia rasanya kering, monoton, dan tidak menarik. Aksi-aksi individu mereka sampai saat ini belum bisa disamai oleh para pemain lain. Neymar, Gareth Bale, Kyllian Mbappe, Eden Hazard, Paul Pogba, atau Harry Kane yang sering disebut sebagai bintang-bintang baru secara umum permainannya masih berada di bawah Messi dan Ronaldo.

Walaupun secara riil usia Messi dan Ronaldo mulai menua dan akan segera merosot permainannya, dengan frekuensi yang tidak tinggi lagi (seperti saat mereka berusia 20-an) secara sporadis mereka masih bisa menunjukkan permainan atraktifnya. Kita berharap, sesekali mereka masih melakukan aksi-aksi individualnya yang menawan. Bintang-bintang besar masa lalu, seperti Pele, Beckenbauer, Cruyff, Maradona, Hagi, Zico, Baggio, Ronaldo, dan Ronaldinho di sisa-sisa kejayaannya pada usia 30-an tahun sesekali masih mampu memperlihatkan aksi-aksi individualnya yang memukau.

Kita tentunya berharap, Messi dan Ronaldo masih mampu meneruskan tradisi para pendahulunya itu.  Dan jika suatu saat mereka berdua sudah tidak mampu lagi melakukannya — karena usia yang mungkin sudah terlalu tua — kita berharap ada bintang-bintang baru yang mampu menggantikannya dengan level permainan yang sama atau setidaknya hampir sama.


No comments:

Post a Comment