Monday, April 2, 2018

Etika, Keselamatan, dan Kebersihan di Kolam Renang

Etika di kolam renang penting untuk diperhatikan (Sumber: Youtube)

(Sumber: Sadah Siti Hajar, Embun, http://caraelok.blogspot.co.id/2017/01/etika-keselamatan-dan-kebersihan-di.html,  3 Januari 2017)
Di kolam renang semua pihak harus memperhatikan masalah etika, keselamatan, dan kebersihan. Para pengunjung dan perenang harus senantiasa menjaga ketiga hal tersebut. Terjaminnya etika, keselamatan, dan kebersihan di kolam renang akan menentukan terwujudnya keamanan dan kenyamanan dalam berenang.
Semua pihak harus paham dan sadar bahwa kolam renang untuk umum merupakan tempat yang tidak dapat digunakan untuk kepentingan pribadi  orang per orang. Kolam renang untuk umum berbeda dengan kolam renang pribadi yang dibuat khusus untuk keperluan pribadi dan keluarga tertentu. Oleh sebab itu, pengunjung kolam renang untuk umum tidak dibenarkan bersikap dan bertingkah laku seenaknya, tanpa mengindahkan peraturan, tata tertib, dan etika yang berlaku.
A.  Menjaga Etika
Menjaga etika berarti bersikap sopan serta patuh pada peraturan dan nilai-nilai moral yang berlaku. Menjaga etika di kolam renang harus dilakukan karena kolam renang merupakan salah satu tempat umum. Berikut ini beberapa contoh sikap patuh pada etika di kolam renang:
·         memakai pakaian renang yang patut dan sopan saat berenang;
·         tidak makan dan minum saat berada di dalam kolam;
·         tidak mandi di dalam kolam, melainkan di kamar mandi yang sudah disediakan (dalam arti mandi menggunakan sabun, sampo, dsb.);
·         tidak mengganggu orang lain yang sedang berenang;
·         tidak menggunakan kolam renang berikut lokasi di sekitarnya untuk kepentingan pribadi (misalnya, untuk pacaran dan melakukan permainan yang tidak ada hubungannya dengan renang);
·         tidak buang air kecil selama berada di dalam kolam renang (untuk keperluan ini biasanya disediakan toilet);
·         tidak membuang sampah di kolam renang;
·         tidak mencuci pakaian dan benda lain di kolam renang;
·         mematuhi semua tata tertib yang berlaku di kolam renang yang bersangkutan.
B.  Memperhatikan Segi Keselamatan
Renang termasuk olahraga yang berisiko tinggi. Oleh sebab itu, saat berenang atau belajar berenang, kita wajib memperhatikan segi keselamatan. Akibat ketidakhati-hatian dan kecerobohan, di kolam renang sering terjadi kecelakaan fatal. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan.
·        Para pemula dan anak yang sedang dalam taraf belajar/berlatih renang sebaiknya memilih kolam atau bagian kolam yang kedalamannya tidak lebih dari setinggi dada saat melakukan latihan.
·        Semua perenang dianjurkan untuk melakukan pemanasan lebih dahulu sebelum berenang atau latihan renang.
·        Setiap hendak berenang atau belajar renang, pastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat, bugar, dan tidak cedera.
·        Pengunjung yang datang ke kolam renang untuk belajar renang sebaiknya membawa pelampung sebagai alat pengaman, kecuali jika ada larangan karena pihak pengelola kolam sudah menyediakannya.
·        Hindari bercanda berlebihan baik saat berada di dalam kolam maupun di tepi kolam. Hindari hal-hal berisiko, seperti saling dorong atau saling tarik terutama di kolam yang berkedalaman lebih dari setinggi leher.
·        Selama di lokasi kolam renang, pengunjung tidak membawa dan menggunakan senjata tajam.
·        Saat berenang atau belajar renang, bersikaplah waspada, hati-hati, dan berkonsentrasi.
C.  Menjaga Kebersihan
Kolam renang merupakan tempat umum yang perlu dijaga kebersihannya. Tidak hanya pemilik dan pengelola, semua pihak harus senantiasa menjaga kebersihan kolam dan area sekitarnya. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan terkait dengan masalah kebersihan di kolam renang.
·          Tidak membuang sampah sembarangan.
·          Tak meludah, membuang ingus,  dan buang air kecil di dalam kolam.
·          Tidak menaruh pakaian atau alas kaki kotor di sekitar kolam.
·          Tidak menaruh makanan atau minuman bekas/sisa di sekitar kolam.
·          Buang air kecil dan besar di toilet yang disediakan pihak pengelola kolam.

No comments:

Post a Comment