Sunday, September 13, 2020

Sejauh ini Belum Ada Bintang Baru yang Mampu Menggantikan Messi dan Ronaldo

 Oleh  Akhmad Zamroni

Para calon penerus Messi dan Ronaldo (Sumber: thefamouspeople.com, metrouk2.files.wordpress.com, thesun.co.uk, beritagol88.com,  cdn.calciomercato.com, static.foba1.com, http i3.irishmirror.ie)


Selama sekitar 12 tahun terakhir (2008-2020), gelanggang sepak bola dunia seolah-olah menjadi milik dua pemain saja: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.  Selama kurun waktu itu, penghargaan-penghargaan terbaik level Eropa dan dunia praktis hanya dikuasai oleh mereka berdua. Rekor-rekor mencetak gol di liga domestik (La Liga) dan Liga Champions serta rekor mengantarkan klubnya masing-masing (Barcelona dan Real Madrid) menjuarai liga domestik dan Liga Champions dipegang oleh mereka berdua. 

Penghargaan Ballon d'Or dari FIFA dan France Football  sebagai pemain terbaik dunia juga didominasi mereka. Selama sembilan tahun terakhir, penghargaan dan gelar individual paling bergengsi bagi seorang pemain sepak bola itu hanya berganti-ganti dari Messi ke Ronaldo tanpa pemain lain mampu menyentuhnya. Sebanyak enam kali penghargaan Ballon d'Or jatuh ke tangan Messi, yakni pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019, sedangkan lima lainnya direbut oleh Ronaldo, yakni untuk tahun 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Dengan skill  individu dan kemampuan mencetak golnya yang tinggi dan di atas para pemain lain, Messi dan Ronaldo memang menjadi megabintang sepak bola Eropa dan dunia selama satu dasawarsa lebih terakhir. Dengan kemampuan istimewa yang dimilikinya, praktis tidak ada pemain lain yang mampu menyaingi performa mereka berdua. Di tengah ketidakmampuan pemain lain memberikan rivalitas, hanya mereka berdualah yang saling bersaing untuk mencetak gol, memenangkan pertandingan, serta merebut gelar dan penghargaan bergengsi di Spanyol, Eropa, dan dunia.

Namun, sejalan dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia, Messi dan Ronaldo suatu saat akan mengalami penurunan hingga kemudian akan digantikan oleh bintang-bintang muda yang muncul kemudian. Dalam waktu kurang dari lima tahun mendatang, Messi (yang saat ini berusia 33 tahun) dan Ronaldo (35 tahun) kemungkinan besar sudah akan gantung sepatu (pensiun) atau, kalau masih aktif di lapangan hijau, permaianannya sudah hampir pasti akan jauh menurun sehingga kebintangannya akan pudar. Ketika itulah akan muncul bintang-bintang baru menggantikan mereka.

Siapakah pemain-pemain baru yang akan menggantikan kebintangan Messi dan Ronaldo? Sejauh ini memang belum ada bintang baru yang benar-benar menonjol dalam usia belasan tahun sebagaimana dahulu terjadi pada diri Messi dan Ronaldo. Pada awal tahun 2000-an, ketika sepak bola Eropa dan dunia didominasi oleh bintang-bintang besar seperti Ronaldo (Brasil), Zinedine Zidane, Ronaldinho, Rivaldo, Raul Gonzales, dan Luis Figo, Lionel Messi dan Ronaldo yang saat itu masih berusia belasan tahun sudah menunjukkan bakatnya yang besar dan mencengangkan. Keduanya memang belum mampu bersaing secara ketat dan konsisten dengan para seniornya, tetapi sesekali Messi dan Ronaldo mampu tampil cemerlang dan mencetak gol brilian yang menentukan kemenangan timnya.

Dalam usia belasan tahun Messi sudah masuk tim utama Barcelona bersama Ronaldinho walaupun masih menjadi pemain cadangan. Bintang utama Barcelona saat itu adalah Ronaldinho, tetapi sesekali Messi merebut perhatian publik dengan mencetak gol brilian yang menentukan kemenangan El Barca. Demikian juga dengan Ronaldo yang pada awal 2000-an bermain di Manchester United. Dalam usia belasan tahun ia sudah cukup menonjol di tim utama MU dengan sesekali —seperti halnya Messi — membuat gol spektakuler.

Baik Messi maupun Ronaldo sudah mampu menunjukkan permainan yang memukau pada usia belasan tahun. Bersama timnya masing-masing, sebelum usianya mencapai 20 tahun, mereka sudah mampu bermain bagus dengan teknik tinggi. Sementara itu, keterampilan mereka yang mencengangkan dalam mencetak gol mengantarkan mereka masuk tim utama kendatipun pada awalnya baru sebatas pemain pengganti (cadangan). Mereka memang belum mampu menjadi bintang Piala Dunia (World Cup) dalam usia belasan tahun seperti Pele, tetapi mereka sudah mampu menjadi bintang klub di tengah persaingan yang sangat ketat.

Saat usia mereka belum genap 20 tahun, sudah terlihat jelas bahwa mereka bakal menjadi penerus yang mumpuni bagi bintang-bintang senior mereka. Di kemudian hari terbukti, Messi dan Ronaldo menjadi bintang besar bagi klubnya masing-masing. Dengan sangat meyakinkan, mereka juga lebih dari sekadar mampu untuk meneruskan kebintangan para seniornya. Di Barcelona, Messi menjadi penerus yang sepadan untuk Cruyff, Maradona, Romario, Ronaldo, Ronaldinho, Rivaldo, Luis Figo, Saviola, Kluivert, dan sebagainya. Adapun di Manchester United dan Real Madrid, Ronaldo mampu menjadi penerus yang sejajar untuk Bobby Charlton, George Best, Denis Law, Mark Hughes, Cantona, Nistelrooy, Beckham, Ryan Gyggs, Scholes, Solskjaer, Alfredo di Stefano, Ferenc Puskas, Butragueno, Michel, Sanchez, Zamorano, Redondo, Raul Gonzales, Zidane, dan sebagainya.

Apakah saat ini ada pemain muda berbakat yang mampu bermain menonjol dalam usia belasan tahun di level liga-liga elite Eropa sebagaimana yang diperlihatkan Messi dan Ronaldo pada masa mudanya dahulu? Tampaknya belum ada. Beberapa nama pemain disebut-sebut sebagai calon penerus Messi dan Ronaldo. Namun, permainan mereka saat ini terlihat masih belum sebaik Messi dan Ronaldo ketika keduanya seusia mereka.

Neymar yang saat ini bermain untuk Paris Saint Germain (Prancis) merupakan nama yang dianggap paling favorit untuk menggantikan kebintangan Messi dan Ronaldo. Namun, dalam usia yang sudah tergolong matang saat ini (28 tahun), Neymar masih juga belum mampu melampaui Messi dan Ronaldo walaupun dalam pemilihan pemenang Ballon d’Or tahun 2015 dan 2016, ia sempat bersaing ketat dengan keduanya. Jika saja saat ini Neymar berusia di bawah 22 tahun, peluangnya untuk menggantikan Messi dan Ronaldo masih terbuka lebar.

Sampai dengan satu-dua tahun mendatang, Neymar tampaknya masih akan tetap berada di bawah bayang-bayang Messi dan Ronaldo. Namun, ia masih memiliki kesempatan waktu sekitar dua sampai empat tahun untuk menggantikan Messi dan Ronaldo.  Dua-tiga tahun dari sekarang, saat Messi berusia 35/36 tahun dan Ronaldo berusia 36/37 tahun, dan keduanya sudah mengalami penurunan kemampuan yang cukup drastis, Neymar yang saat itu akan berusia 30/31 tahun bisa saja menggantikan kebintangannya Messi dan Ronaldo jika ia bisa bermain konsisten serta mampu menjaga skill  individu dan kondisi fisiknya. Namun, dengan menjadi pemain dan bintang terbaik pada usia 30/31, masa kebintangan Neymar tentu saja tidak akan sepanjang Messi dan Ronaldo.

Sejumlah nama lain juga diperkirakan bisa menjadi penerus Messi dan Ronaldo. Ada Isco (28 tahun, Real Madrid), Paul Pogba (27 tahun, Manchester United), Paulo Dybala (26 tahun, Juventus), Dele Alli (24 tahun, Tottenham Hotspur), Leroy Sane (24 tahun, Bayern München), Ousmane Dembele (23 tahun, Barcelona), Gabriel Jesus (23 tahun, Manchester City), Marcus Rashford (22 tahun, Manchester United), dan Kylian Mbappe (21 tahun, Paris Saint-Germain). Menurut sejumlah media dan para pengamat, nama-nama tersebut cukup berbakat, produktif, dan memiliki prospek yang baik untuk menggantikan dan meneruskan Messi dan Ronaldo.

Namun, kembali nama-nama itu perlu diperbandingkan dengan Messi dan Ronaldo saat keduanya bermain seusia mereka. Permainan, produktivitas, dan kontribusi mereka pada klubnya masing-masing saat ini tampaknya belum sebaik dan sekonsisten hal yang sama yang diperlihatkan Messi dan Ronaldo dahulu. Mungkin benar, mereka memang potensial dan sering bermain bagus, tetapi sejauh ini gaung dan dampak permainan mereka masih di bawah Neymar dan masih jauh di bawah Messi dan Ronaldo.

Untuk menyejajarkan diri dengan Neymar dan apalagi dengan Messi dan Ronaldo, mereka harus bekerja sangat keras. Jika bakat mereka mencukupi, kerja keras dan konsistensi dalam mengembangkan talenta dapat membuahkan hasil yang bagus: beberapa dari mereka bisa menjadi pewaris Messi dan Ronaldo. Perihal apakah hal itu akan terwujud atau tidak, kita tunggu dalam dua sampai tiga tahun mendatang.

Namun, bagaimanapun juga, sebagai pencinta sepak bola, kita tentu berharap, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan ada bintang baru yang meneruskan permainan dan kebintangan Messi dan Ronaldo. Siapa pun dia atau mereka (Neymar, Pogba, Dybala, Mbappe, Dembele, atau yang lainnya) itu tidaklah penting; yang penting muncul bintang baru dengan kemampuan yang setara atau bahkan mungkin melebihi Messi dan Ronaldo. Secara alami atau diusahakan secara ilmiah dan sistematis, hal itu harus terwujud agar sepak bola tetap menjadi olahraga yang memiliki daya tarik.

No comments:

Post a Comment