Friday, November 9, 2018

Globalisasi Meningkatkan Kemampuan Bersaing

Sumber: diskopi.wordpress.com

     Salah satu faktor penentu terjadinya globalisasi adalah diberlakukannya perdagangan bebas antarnegara. Hal ini merupakan kesepakatan yang diambil secara internasional. Sistem perdagangan bebas saat ini sudah mulai diberlakukan di beberapa kawasan serta pada masa mendatang akan diberlakukan di seluruh dunia.

   Berlakunya perdagangan bebas menyebabkan batas-batas wilayah negara makin kabur karena lalu lintas barang dan jasa antarnegara berlangsung dengan relatif bebas tanpa dikenai berbagai aturan dan pajak. Perdagangan bebas menyebabkan kegiatan perdagangan internasional seperti layaknya berlangsung dalam satu tempat saja. Satu-satunya hal yang menentukan dalam sistem perdagangan semacam itu adalah kualitas. Setiap negara berusaha mengasilkan barang dan jasa yang sebaik-baiknya untuk bersaing memperebutkan pasar (pembeli/konsumen).
     Hal itu menyebabkan globalisasi sangat lekat dengan persaingan (kompetisi). Oleh sebab itu, era globalisasi seringkali disebut sebagai era yang penuh dengan persaingan. Hidup dalam era globalisasi harus siap untuk bersaing agar tidak terlindas dan tertinggal. Persaingan dalam globalisasi pun berlangsung secara kompleks. Persaingan tidak hanya terjadi dalam lingkup negara (antarnegara) secara internasional, tetapi juga antarindividu dan antarmasyarakat dalam satu negara.
     Maka, globalisasi kemudian merangsang setiap negara, masyarakat, dan individu untuk meningkatkan kemampuan dalam usaha memenangkan persaingan. Hal ini mulai menjadi gejala baru yang secara massal melanda masyarakat di seluruh dunia. Masyarakat dari berbagai negara kini mulai menyadari pentingnya meningkatkan kemampuan diri dalam rangka menghadapi persaingan.
     Hal serupa juga terjadi di Indonesia. Kesadaran akan pentingnya memiliki kemampuan yang tinggi dalam menghadapi persaingan telah memacu masyarakat kita untuk melakukan upaya-upaya perbaikan. Para politisi, kaum profesional, pegawai, pengusaha, mahasiswa, dan pelajar kini mulai memiliki kecenderungan kuat untuk aktif meningkatkan kemampuan diri dalam rangka menghadapi persaingan. Gejala positif yang menggembirakan ini tumbuh tidak lain karena dirangsang oleh globalisasi yang melanda masyarakat dunia dan masyarakat kita.

No comments:

Post a Comment