Friday, November 9, 2018

Globalisasi Mempermudah Proses Komunikasi


Sumber: moondoggiesmusic.com
     Globalisasi dan komunikasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Globalisasi muncul tidak lain karena adanya komunikasi atau kontak (dalam arti luas) antarindividu, antarmasyarakat, dan antarbangsa. Komunikasi tersebut dapat berlangsung dengan intensif dan luas karena faktor ketersediaan alat komunikasi.
     Di hadapan individu dan masyarakat tersedia begitu banyak alat komunikasi dengan berbagai jenis, corak, dan kecanggihan teknologinya. Tak pelak lagi, ditambah dengan sifat sosial manusia yang senantiasa ingin menjalin hubungan dengan sesamanya, membanjirnya alat komunikasi menyebabkan kegiatan berkomunikasi secara besar-besaran akhirnya tak dapat dihindarkan lagi. Maka, seperti yang kita saksikan, penggunaan alat komunikasi –– terutama telepon, baik telepon seluler (telepon genggam) maupun telepon biasa –– dalam kehidupan manusia saat ini begitu tinggi.
     Hal itu tidak hanya terjadi di luar negeri, tepatnya di negara-negara maju yang memiliki teknologi tinggi, tetapi juga di negara-negara berkembang seperti halnya Indonesia. Ketersediaan alat komunikasi yang melimpah akhirnya membawa berkah berupa kemudahan untuk melakukan komunikasi. Terutama tersedianya alat komunikasi jarak jauh yang canggih dan beragam amat membantu masyarakat dalam mengatasi hambatan dalam menjalin hubungan dengan sesamanya.
     Ditemukannya alat komunikasi jarak jauh menyebabkan komunikasi dapat dilakukan dengan praktis, cepat, luas, dan berbiaya murah. Sebelum alat komunikasi jarak jauh diciptakan, untuk melakukan kontak dengan sesama, manusia harus saling bertemu langsung secara face to face (bertatap muka) atau melakukan kegiatan surat-menyurat  yang prosedurnya dapat membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Namun, dengan ditemukan dan diciptakannya alat komunikasi modern jarak jauh, kendala tersebut dapat diatasi.
     Alat komunikasi seperti telepon, faksimile, dan internet telah mengakhiri masa-masa sulit dalam berkomunikasi. Alat-alat itu memudahkan masyarakat untuk menjalin kontak dengan sesamanya. Dengan begitu, globalisasi yang ditandai dengan melimpahnya peredaran alat komunikasi canggih amat memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Berkat kemajuan teknologi komunikasi pada era global, masyarakat kita dapat berkomunikasi tidak hanya dengan saudara sebangsa, tetapi juga dengan masyarakat dari bangsa lain di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment