Monday, November 26, 2018

Dampak Globalisasi terhadap Persaingan dan Mencari Ilmu Pengetahuan

Sumber: libron.com


    Melalui perdagangan bebas, globalisasi tidak hanya menyebabkan munculnya persaingan antarnegara, melainkan juga memicu terjadinya persaingan antarindividu dan antarmasyarakat di setiap negara. Perdagangan bebas tidak melulu mengakibatkan terjadinya persaingan dalam bidang ekonomi, melainkan akhirnya menimbulkan persaingan dalam bidang-bidang lain. Kata atau ungkapan “bebas” melahirkan fenomena bebas bersaing dalam segala hal untuk menghasilkan produk atau karya dengan kualitas yang sebaik-baiknya.
    Hal itu mendorong meningkatnya semangat bersaing dalam masyarakat. Dewasa ini kesadaran individu dan masyarakat kita untuk meningkatkan presatsi dan kemampuan diri cenderung meningkat. Ihwal pentingnya memenangkan persaingan yang hampir setiap hari ditekankan media massa dan pemerintah memacu masyarakat kita untuk memperbaiki diri dalam rangka meningkatkan kemampuan bersaing.
    Cara yang seringkali ditempuh untuk meningkatkan kemampuan diri oleh masyarakat adalah mencari ilmu pengetahuan, menambah wawasan, dan memperbaiki keterampilan atau kecakapan. Cara ini dilakukan baik lewat bangku pendidikan formal, pelatihan-pelatihan nonformal, maupun usaha belajar mandiri. Kemajuan pesat dalam teknologi bidang informasi –– terutama media massa dan internet –– menjadikan masyarakat memiliki kesempatan yang kian luas untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

No comments:

Post a Comment