Friday, November 9, 2018

Arti Penting Globalisasi bagi Indonesia

Sumber: shutterstock.com

     Apakah globalisasi penting bagi bangsa Indonesia? Di manakah letak pentingnya globalisasi bagi bangsa kita? Bagaimanakah cara bangsa kita menghadapi globalisasi sehingga fenomena ini tetap terasa penting bagi kehidupan kita sebagai masyarakat, bangsa, dan negara?

     Sebagai bagian dari kemajuan peradaban manusia atau perubahan zaman, globalisasi kiranya tidak dapat atau sangat sulit kita hindari. Seperti umumnya bangsa-bangsa lain di dunia, bangsa kita ikut terlibat dalam proses globalisasi. Hal ini ditandai oleh aktifnya negara kita dalam kerja sama dan kesepakatan-kesepakatan internasional serta intensifnya masyarakat Indonesia dalam menyerap informasi dari berbagai belahan dunia, berkomunikasi dengan masyarakat dari negara-negara lain, dan bergerak (bepergian, berwisata, belajar, dan menanam modal) ke negara-negara lain.
     Hal itu menunjukkan bahwa di luar dampak-dampak negatif yang ditimbulkannya, globalisasi memberikan manfaat bagi bangsa kita. Berkat globalisasi, bangsa kita dapat menikmati berbagai fasilitas internasional melalui kerja sama dengan bangsa-bangsa lain. Berkat globalisasi pula, masyarakat kita relatif lebih lebih mudah melakukan komunikasi dengan sesama (termasuk dari mancanegara), mendapatkan informasi berharga dari seluruh penjuru dunia, serta melakukan perjalanan (untuk berbagai keperluan) ke berbagai tempat di banyak negara.
     Globalisasi juga mendatangkan berkah dalam bidang ekonomi, politik, dan kemasyarakatan. Dalam bidang ekonomi, globalisasi membuka kemungkinan meningkatnya kegiatan penanaman modal asing di Indonesia serta mendorong kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Dalam bidang politik dan kemasyarakatan, globaslisasi turut menggugah kesadaran akan demokrasi dan hak asasi manusia di kalangan para politisi, aparat pemerintah, dan masyarakat luas.
     Di sisi lain, jika kita mengingat akan dampak-dampak negatifnya, globalisasi justru akan menyadarkan kita akan pentingnya pertahanan dan keamanan nasional. Pengaruh-pengaruh negatif globalisasi dalam berbagai bentuknya kiranya akan mendobrak kita untuk bangkit melakukan serangkaian upaya dalam rangka memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara. Sebagai bangsa yang sadar akan pentingnya keutuhan kepribadian dan identitas nasional, kita tentunya tidak akan tinggal diam jika pengaruh-pengaruh negatif globalisasi menggerogoti dan menghancurkan sendi-sendi kehidupan kita.
     Begitulah hal-hal mendasar yang terjadi terkait dengan fenomena globalisasi. Hal-hal tersebut memiliki konsekuensi penting bagi Indonesia. Semua hal yang terjadi di seputar globalisasi berikut akibat-akibatnya akan mempengaruhi peranan dan posisi negara kita dalam pergaulan dengan negara-negara lain di dunia serta mempengaruhi keberadaan dan keberlangsungan kita sebagai bangsa dan negara. Berikut ini diuraikan hal-hal seputar globalisasi yang menyebabkan globalisasi sebagai fenomena yang perlu diikuti bangsa Indonesia dengan proaktif disertai sikap hati-hati dan waspada.

No comments:

Post a Comment