Friday, November 9, 2018

Globalisasi Membangkitkan Sikap Waspada

Sumber: walangkopo99.blogspot.com


     Globalisasi ternyata menimbulkan masalah. Masalah yang timbul dari globalisasi terutama dirasakan oleh masyarakat negara-negara terbelakang dan berkembang.  Di kalangan negara-negara terbelakang dan berkembang, globalisasi dikhawatirkan menimbulkan dampak yang tidak kecil pada kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
     Akibat persaingan bebas dalam perdagangan dunia, ekonomi negara-negara terbelakang dan berkembang dikhawatirkan akan terpuruk akibat kemampuannya bersaing belum memadai. Adapun akibat menyebarnya semua jenis informasi ke segala penjuru dunia, kehidupan sosial dan budaya di negara-negara terbelakang dan berkembang ditakutkan akan mengalami guncangan karena masuknya nilai-nilai lain yang bertentangan. Globalisasi sering dirasakan sebagai dominasi ekonomi dan budaya negara-negara Barat yang maju  dan modern terhadap negara terbelakang dan berkembang sehingga kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di negara-negara terbelakang dan berkembang dicemaskan akan mengalami masalah yang serius.
     Itulah sebabnya, selain membangkitkan banyak harapan, globalisasi kadang juga menimbulkan ketakutan di negara-negara terbelakang dan berkembang. Tak terkecuali di negara kita, globalisasi menimbulkan kerisauan di berbagai kalangan masyarakat. Akan tetapi, kekhawatiran, kerisauan, dan sejenisnya itu kemudian justru membangkitkan sikap hati-hati dan waspada pada masyarakat kita dalam menghadapi globalisasi. Kehati-hatian dan kewaspadaan terhadap globalisasi memang perlu diambil karena tidak semua hal yang muncul dari galobalisasi baik dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kita


No comments:

Post a Comment