Friday, November 9, 2018

Globalisasi Meningkatkan Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Sumber: shutterstock.com


     Globalisasi yang ditandai dengan penggunaan teknologi canggih dalam bidang informasi juga memungkinkan tersebarnya ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Media massa tidak hanya menyebarkan informasi dalam bentuk berita, tetapi juga menyediakan ruang khusus berisi ilmu pengetahuan bagi pendengar, pemirsa, dan pembaca. Media seperti internet bahkan sangat kaya akan informasi yang berisi berita-berita aktual serta ilmu pengetahuan populer dan ilmiah terbaru.
     Di sisi lain, sejalan dengan makin demokratisnya pemerintah yang berkuasa, kebebasan masyarakat untuk memanfaatkan berbagai media massa, termasuk internet, juga makin besar. Media massa kini tidak lagi dibatasi dan dikekang untuk menyampaikan informasi, sedangkan masyarakat juga diberi keleluasaan untuk menggunakan berbagai media massa yang tersedia sekaligus menyerap informasi yang disampaikannya. Media massa dan masyarakat diberi kebebasan untuk saling berinteraksi secara positif dan saling menguntungkan.
     Hal tersebut tidak hanya memudahkan masyarakat mengakses (memanfaatkan) media massa, melainkan juga merangsang masyarakat untuk aktif menyerap informasi dan ilmu pengetahuan. Dengan tersedianya informasi dan ilmu pengetahuan melalui media massa serta fleksibelnya sikap pemerintah, kesempatan masyarakat untuk menambah wawasan dan perbendaharaan ilmu menjadi makin terbuka lebar. Untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan, masyarakat tidak lagi hanya mengandalkan dunia pendidikan dan buku, tetapi juga media massa (termasuk tentunya internet).


No comments:

Post a Comment