Sunday, July 29, 2018

Jahe, si Tanaman Rimpang Penghangat Tubuh

Tanaman dan rimpang jahe (Sumber: obatasamuratagaricpro.com)


Jahe dapat dikatakan sebagai hasil tumbuhan yang kerapkali ditambahkan dalam masakan atau minuman untuk membuat citarasa makin mantap dan memberi sensasi hangat. Mungkin kita sering melihat dan menggunakan jahe, tetapi tampaknya kita belum tahu banyak perihal asal usulnya.
Menurut berbagai sumber referensi, jahe termasuk dalam suku Zingiberaceae atau kelompok temu-temuan. Nama ilmiah jahe adalah Zingiber officinale. Nama ini diberikan oleh William Roxburg.
Banyak yang berspekulasi tentang asal tanaman ini. Jahe diperkirakan berasal dari India, tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa jahe berasal dari Tiongkok Selatan. Jahe kemudia menyebar ke Asia Tenggara, Jepang, hingga Timur Tengah. Jahe juga menjadi komoditas yang populer di Eropa.
Di Indonesia jahe sudah dikenal luas serta keberadaannya mudah dijumpai. Jahe setidaknya memiliki beberapa varian, seperti jahe gajah atau jahe badak, jahe kuning, dan jahe merah. Banyak orang sudah membuktikan khasiat jahe; salah satunya adalah untuk menghangatkan badan.
Selain biasa dijadikan campuran dalam masakan dan minuman, jahe juga sering dijadikan produk olahan makanan atau minuman, mulai dari permen jahe, jahe bubuk, minyak jahe, sirup jahe, hingga esense jahe. Di Indonesia, jahe termasuk rempah yang sangat penting karena kerap digunakan sebagai campuran bumbu untuk memasak makanan.
(Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2017/07/19/298/1739952/kaya-rempah-asal-usul-jahe-si-tanaman-rimpang-penghangat-tubuh, Devi Setya Lestari, Kamis, 20 Juli 2017, 09.02 WIB, dengan penyuntingan seperlunya)

No comments:

Post a Comment