Sunday, July 29, 2018

Jahe, Tanaman Berkhasiat Obat yang Kaya Manfaat

Jahe (Sumber: Shutterstock-grafvision)

Jakarta - Siapa yang tak kenal jahe? Tanaman satu ini sudah dikenal sebagai salah satu rempah-rempah asli Indonesia yang kaya manfaat. Selain daunnya digunakan sebagai bumbu masakan, akarnya juga berkhasiat meredakan banyak gejala penyakit.
“Jahe sendiri bermanfaat untuk kesehatan, dalam hal promotif dan preventif. Sejak zaman dahulu, jahe digunakan untuk menghangatkan badan sekaligus memiliki sifat anti-inflamasi," tutur Dr. Raymond R. Tjandrawinata, Direktur Eksekutif Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS), kepada detikHealth.
Sejarah menyebut tanaman dengan nama latin Zingiber officinale ini berasal dari Asia Tenggara. Namun, peredarannya sudah mendunia sejak 5.000 tahun yang lalu dan ditemukan juga di Cina (Tiongkok), India, Semenanjung Arab, kepulauan Karibia, hingga Afrika.
Bangsa Romawi Kuno diketahui memiliki ketertarikan khusus terhadap jahe. Jahe digunakan untuk segala keperluan, mulai dari bumbu masakan, bahan pembuat minuman, pengobatan luka, hingga sebagai campuran dalam air bak mandi.
Penggunaan jahe sendiri berbeda-beda, tergantung kebudayaan. Di Eropa dan India, sensasi pedas yang ditimbulkan membuat daun jahe digunakan sebagai bahan minuman dan bumbu masakan.
Sementara itu di Indonesia, akar dan rimpang jahe yang banyak digunakan untuk pengobatan. Mulai dari ditumbuk, dijadikan teh, hingga dioleskan untuk penyembuhan, penggunaan akar jahe sangat umum di tengah masyarakat.
(Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3129233/jahe-tanaman-berkhasiat-obat-yang-kaya-manfaat, Muhamad Reza Sulaiman, Kamis, 28 Januari 2016, 11.05 WIB, dengan penyesuaian/penyuntingan seperlunya)

No comments:

Post a Comment