Sunday, July 29, 2018

Khasiat dan Manfaat Kencur untuk Menghilangkan Stres dan Menyehatkan Tubuh

Kunyit (Sumber: kabartani.com)


Kencur tidak hanya enak untuk dijadikan minuman. Namun, manfaatnya banyak, salah satunya dapat menghilangkan stres. Kencur yang mempunyai nama Latin Kaempferia galanga masih satu keluarga dengan jahe atau zingiberaceae. Jadi, jangan heran jika banyak orang sering keliru membedakan kencur dengan jahe atau lengkuas karena bentuknya yang hampir mirip.
Namun, nyatanya, kencur dapat membawa manfaat yang berbeda dari jahe untuk kesehatan tubuh. Apa perbedaan antara kencur, jahe, dan lengkuas? Jika dilihat sekilas, kencur, jahe, dan lengkuas terlihat mirip. Meskipun sama-sama termasuk golongan tanaman akar, kencur memiliki penampakan kulit yang khas, berwarna kecokelatan dengan bagian dalam berwarna kuning pucat.
Selain itu, kencur juga memiliki aroma yang sangat kuat dan tekstur daging buahnya sedikit mirip dengan kunyit, tetapi lebih lembut. Tanaman kencur banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Daerah penyebaran umumnya berada di Asia, antara lain di Indonesia, India, Bangladesh, Thailand, dan Malaysia.
Apa saja manfaat kencur untuk kesehatan? Selain sebagai bumbu masakan, ternyata kencur juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat di antaranya.
·          Obat Batuk
Ramuan tradisional kencur yang dicampuran dengan garam sudah lama dikenal sebagai obat batuk berdahak. Mengonsumsinya bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Selain bisa jadi obat batuk, bahan herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara di tenggorok dan melegakan tenggorokan.
·        Menghilangkan Stres
Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen Farmasi Universitas Jahangirnagar, Bangladesh, menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar mauoun daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.
Hasil penelitian tersebut menguatkan tentang manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Itulah sebabnya, banyak orang memanfaatkan kencur untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi. Meski demikian, penelitian ini masih membutuhkan riset lebih lanjut mengenai khasiat kencur untuk kesehatan tubuh manusia.
·       Obat Diare
Hasil penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti yang sama menunjukkan bahwa ekstrak kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang lumayan banyak. Hal ini membuat kencur dapat dijadikan salah pilihan untuk pengobatan diare.
·       Bahan Utama Jamu
Di Indonesia, kencur merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat jamu, baik jamu tradisional maupun modern buatan pabrik. Minuman jamu sering disebut dengan beras kencur yang terbuat dari campuran beras, kencur, asam jawa, serta gula merah. Kencur yang diolah menjadi minuman jamu bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak nafas, pilek, dan juga sakit kepala.
·       Manfaat Kencur Lainnya
Selain dagingnya, daun dan akar kencur juga memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang dihasilkan daun kencur, di antaranya, untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, dan sebaginya karena bersifat antiradang.
Adapun bagian akarnya, kencur memiliki manfaat untuk mengobati sakit gigi dan ketombe. Akar kencur juga dapat digunakan untuk membantu mengobati cedera otot dan pembengkakan. Caranya, tumbuk akar kencur dengan segenggam beras sampai halus, lalu balurkan pada bagian tubuh yang mengalami cedera atau pembengkakan.
(Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2017/08/24/481/1762219/ingin-hilangkan-stres-kencur-solusinya-simak-juga-manfaat-lainnya,  Agregasi Hellosehat.com, Kamis, 24 Agustus 2017, 14.49 WIB, dengan penyuntingan seperlunya)

No comments:

Post a Comment