Sunday, July 29, 2018

Khasiat Lengkuas untuk Menghalau Sel Kanker

Lengkuas (Sumber: http://www.seputarmanfaat.com)


TEMPO.CO, Jakarta - Lengkuas (Jawa: laos)merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya, masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Namun, tahukah Anda, ternyata lengkuas sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita terutama untuk mencegah dan melawan kanker.

“Manfaat kesehatan yang paling mencolok dari lengkuas berdasarkan sebuah penelitian ilmiah adalah kemampuannya untuk melawan dan berpotensi mencegah sejumlah besar kanker dan tumor,” kata dokter asal Amerika Dr. Josh Axe, dalam laman pribadinya Draxe.com. Berikut beberapa khasiat lengkuas menurut Josh Axe.

·        Kanker Lambung
Sebuah studi pada tahun 2014 di Iran menemukan bahwa ekstrak cairan lengkuas secara signifikan menghancurkan jumlah sel kanker lambung dalam tes laboratorium setelah 48 jam, yang menyebutnya sebagai hasil yang “menonjol”.

·        Melanoma
Periset dari Universitas Chiayi Nasional, Taiwan, mempelajari dampak tiga senyawa dari akar lengkuas pada sel melanoma manusia (sel kanker kulit). Ketiga senyawa tersebut memiliki efek “antiproliferatif”, yang berarti ketiganya menghentikan pertumbuhan sel baru.

·        Kanker Pankreas
Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2017 menguji beberapa senyawa dari lengkuas di laboratorium dan pengaruhnya terhadap sel kanker pankreas. Hasilnya,  ditemukan senyawa itu menghentikan pertumbuhan sel baru dan jalur gen yang dirahasiakan untuk memperluas dampak kanker.

·        Kanker Usus Besar
Kali pertama efek lengkuas terhadap sel kanker usus manusia dipelajari pada tahun 2013. Para ilmuwan menemukan bahwa lengkuas menyebabkan apoptosis atau kematian sel pada dua jenis sel kanker usus besar.

·        Kanker Payudara
Pada tahun 2014, sebuah universitas di Iran menemukan bahwa ekstrak apoptosis yang menumbuhkan lengkuas pada sel kanker payudara manusia, MCF-7, namun tidak membahayakan sel payudara sehat, MRC-5.

·        Kanker Hati
Salah satu alasan mengapa kanker sangat menghancurkan tubuh manusia berkaitan dengan cara menyebar atau “bermetastasis” ke organ lain dari tempat asalnya. Hal ini terutama terjadi pada kanker hati. Sebuah penelitian di Taiwan pada 2015 yang menyelidiki dampak senyawa yang diekstraksi lengkuas pada sel HepG2 (sejenis kanker hati) menemukan bahwa senyawa alami menurunkan turunan metastasis dengan menghentikan sel agar tidak menempel ke sel sehat lainnya.

(Sumber: https://gaya.tempo.co/read/888751/khasiat-lengkuas-untuk-menghalau-sel-kanker,  Selasa, 4 Juli 2017, 16.40 WIB, dengan penyuntingan seperlunya)

No comments:

Post a Comment