Tuesday, December 11, 2018

Dampak Globalisasi

Sumber: intermediachannel.it


    Apakah globalisasi membawa dampak dalam kehidupan kita? Apa saja dampak globalisasi dalam kehidupan kita di Indonesia? Benarkah kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia banyak mengalami perubahan akibat globalisasi? Apakah dampak yang ditimbulkan globalisasi seluruhnya negatif dan destruktif?
    Tak salah lagi, globalisasi memang telah menimbulkan dampak dalam kehidupan. Dampak globalisasi tak hanya menerpa beberapa negara, melainkan menyebar hampir ke semua negara dan kawasan di dunia. Indonesia tentunya adalah negara yang ikut terkena dampaknya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, berbagai perubahan terjadi dalam masyarakat dan pemerintahan negara kita. Terjadinya berbagai perubahan tersebut jelas tidak terlepas dari pengaruh atau dampak globalisasi. Bahkan dapat dikatakan, penyebab utama terjadinya perubahan tersebut tidak lain adalah globalisasi.
    Globalisasi mempengaruhi masyarakat dan pemerintah negara kita dalam banyak hal. Melalui informasi media massa, globalisasi mempengaruhi masyarakat dalam mengonsumsi makanan dan minuman, memilih gaya berpakaian, menata rambut, bertingkah laku, dan sebagainya. Melalui sistem perdagangan bebas yang secara bertahap mulai diberlakukan, globalisasi mempengaruhi peredaran barang dan jasa serta keadaan perekonomian kita secara umum. Sementara itu, melalui persebaran isu HAM, demokrasi, dan kebebasan di seluruh dunia, globalisasi juga mempengaruhi pemerintah kita dalam penyelenggaraan bernegara dan menghadapi tuntutan-tuntutan masyarakat.

No comments:

Post a Comment